Heboh KTP Warga DKI Jakarta Dicatut Buat Pilkada, Begini Cek

Foto: Siswa melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di SMK YPK Manggarai, Jakarta, Kamis (1/2/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Beberapa hari terakhir, media sosial X dihebohkan dengan data KTP sejumlah netizen dicatut mendukung pasangan calon kepala daerah. Ini diketahui setelah mengecek langsung melalui laman Info Pemilu,

Situs itu akan memberitahu informasi Anda sebagai pendukung bakal pasangan calon kepala daerah perseorangan. Berikut cara mengeceknya:

2. Masukkan nomor KTP pada kolom yang ditentukan

3. Verifikasi Captcha

4. Klik Cari

5. KPU akan memberikan informasi apakah NIK terdaftar atau tidak sebagai pendukung bakal calon kepala daerah.

Masalah ini banyak dibicarakan pengguna media sosial X sejak Kamis (15/8/2024). Saat itu ada yang mengunggah hasil pencarian data KTP yang menyebut dirinya mendukung salah satu pasangan bakal calon independen di pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Mereka cukup heran karena tak merasa mendukung atau mengenal pasangan yang dimaksud. Bahkan tidak pernah memberikan data mereka untuk mendukung keduanya.

Anies Baswedan, mantan gubernur DKI Jakarta, juga mengatakan data keluarganya dicatut untuk mendukung calon independen. Namun data KTP milik Anies disebut tidak ikut dicatut.

Dia mengunggah tangkapan layar pencarian data keluarganya yang dicatut itu dalam akun X-nya. Dua anak Anies jadi beberapa orang dekatnya yang menjadi korban.

“Alhamdulillah, KTP saya aman. Tapi KTP dua anak, adik, juga sebagian tim yg bekerja bersama ikut dicatut masuk daftar pendukung calon independen. :),” kata Anies dalam unggahannya.

kas138

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*