Catut KTP Warga DKI, Dharma Pongrekun Akhirnya Buka Suara

Foto: Profil Dharma Pongrekun-Kun Wardana. (via 20detik)

Bakal calon independen di Pilkada DKI Jakarta Dharma Pongrekun merespons dugaan pencatutan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP secara sepihak untuk maju calon independen Pilkada DKI Jakarta 2024. Dia mengklaim tak terlibat langsung dalam pengumpulan KTP warga Jakarta sebagai syarat maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jakarta 2024.

“Kami sebagai cagub dalam mengumpulkan data itu tentunya dibantu relawan. Jadi kami tak terlibat langsung dalam pengumpulan data pendukung,” kata Dharma dikutip dari CNNIndonesia.com, Minggu (18/8/2024).

Dharma menjelaskan data-data pendukung yang dikumpulkan para relawannya kemudian diperiksa oleh KPU. Adapun jika NIK warga yang bukan pendukungnya, maka akan tersaring dengan sendirinya.

“Para relawan ini adalah yang mau menyelamatkan jiwa keluarga mereka masing-masing. Kami memegang amanat pendukung kami untuk menjaga keluarga mereka sesuai visi kami yaitu selamatkan jiwa keluarga kita,” kata dia.

Dharma lantas menjelaskan dirinya dan Kun Wardhana bersyukur bisa lolos sebagai calon independen di Pilkada Jakarta kini.

“Kami niatnya melayani. Sungguh kuasa Tuhan bisa sampai tahap ini,” kata dia.

Sebelumnya warga Jakarta ramai-ramai memprotes jika KTP-nya dicatut untuk mendukung Dharma-Kun Wardhana maju calon independen. Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) menerima 235 aduan dari masyarakat yang identitasnya diduga dicatut sepihak untuk syarat dukungan Dharma Pongrekun-Kun hingga Sabtu kemarin.

PBHI menyatakan pencurian data pribadi seperti KTP untuk pencalonan Pilkada melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) berupa Hak Politik dan Hak atas Identitas berdasarkan UU HAM 39/99.

Sementara itu, Komisioner KPU DKI Jakarta Dody Wijaya menjelaskan data di website Info Pemilu KPU tercampur antara yang lolos verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Menurutnya, di website itu ada data yang hanya lolos verifikasi administrasi, namun tertulis mendukung Dharma-Kun.

Ada juga data yang memang lolos tahap verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Data yang lolos ini menurutnya benar-benar mendukung Dharma-Kun.

kas138

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*