Jelang Hari Penting The Fed, Wall Street Kurang Bergairah

FILE - In this Oct. 14, 2020 file photo, the American Flag hangs outside the New York Stock Exchange in New York.Stocks were posting strong gains in early trading Thursday, May 13, 2021, following three days of losses and the biggest one-day drop in the S&P 500 since February.  (AP Photo/Frank Franklin II, File)

Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street dibuka beragam pada awal perdagangan pekan ini. Indeks Dow Jones terpantau menguat, sementara indeks S&P 500 dan Nasdaq bergerak melemah. Pasar cenderung bergerak volatile menjelang keputusan kebijakan moneter dari The Federal Reserve (The Fed) pekan ini.

Pada pembukaan perdagangan hari ini Senin (16/9/2024), Dow Jones dibuka naik 0,10% di level 41.435,17, sementara S&P 500 bergerak berlawanan dengan melemah 0,04% di level 5.623,5. Begitu juga dengan Nasdaq yang dibuka lebih rendah atau turun 0,62% di level 17.573,7.

Pasar saham AS melemah pada awal perdagangan Senin karena kehati-hatian berlaku menjelang keputusan kebijakan moneter penting dari The Fed di pekan ini, dimana investor memperkirakan penurunan tajam dalam biaya pinjaman.

Setelah serangkaian data ekonomi yang beragam dan komentar dari mantan pembuat kebijakan dalam beberapa minggu terakhir, para pelaku pasar mulai goyah dalam taruhan mereka tentang keputusan apa yang akan diambil oleh bank sentral pada pertemuan 17 hingga 18 September.

Menurut CME FedWatch Tool, peluang untuk penurunan 50 basis poin berada pada 59% dari 30% seminggu yang lalu, yang menunjukkan probabilitas 41% untuk penurunan 25 basis poin. Ada kekhawatiran bahwa langkah yang terlalu besar dapat berarti bahwa The Fed melihat ekonomi AS mendingin dengan kecepatan yang lebih cepat.

Para pelaku pasar juga akan menanti data-data ekonomi AS penting lainnya, mulai dari penjualan ritel, klaim pengangguran mingguan, pembangunan rumah, dan produksi industri akan dirilis sepanjang pekan ini.

kas138

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*