Fitur Baru di Ajaib Ini Bikin Swing Trading Makin Profit

Foto: Pekerja memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada salah satu kantor Sekuritas di Jakarta, Selasa (25/6/2024). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman))

Kehadiran berbagai aplikasi investasi saham semakin memudahkan trader untuk melakukan aktivitas trading secara langsung melalui aplikasi. Trader juga bisa memperbesar potensi profit dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

Salah satu fitur yang bisa membantu trader memperbesar profit adalah XTRA Trade Limit dari aplikasi Ajaib. XTRA Trade Limit adalah fitur yang memberikan tambahan buying power hingga 6 kali lebih banyak dari total dana yang dimiliki.

Adanya fitur ini memberikan fleksibilitas pada trader untuk lebih leluasa membeli saham dalam jumlah lebih banyak. Sehingga trader bisa segera memanfaatkan momentum pasar untuk memperbesar potensi profit.

Berbeda dari fitur XTRA Day Trading, XTRA Trade Limit memungkinkan trader beli saham dengan tambahan buying power hingga 6 kali untuk transaksi di lebih dari 140 saham pilihan.

Selain itu, periode hold saham yang dibeli dengan XTRA Trade Limit juga lebih lama, yaitu hingga 4 hari atau lebih.

Fasilitas XTRA Trade Limit mempunyai batas waktu pengembalian kewajiban hingga 2 hari bursa setelah transaksi dilakukan. Trader akan dikenakan Biaya Trade Limit serta suspend buy pada hari ke 3 bursa (T+3) dan jual otomatis pada hari ke 4 bursa (T+4) jika belum memenuhi kewajiban.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih menjelaskan XTRA Trade Limit cocok untuk swing trader karena fitur ini memaksimalkan profit melalui tambahan modal dengan jatuh tempo yang lebih lama. Swing trader dapat memanfaatkan momentum rebound-nya indeks harga saham gabungan (IHSG) untuk time frame trading lebih panjang.

Menurut Ratih, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari fitur XTRA Trade Limit. Pertama adalah potensi profit lebih besar karena trader bisa membeli saham lebih banyak.

“Semakin banyak jumlah saham yang dimiliki, semakin besar pula potensi profit yang bisa diraih. Namun, tentu potensi risikonya juga lebih besar,” kata dia dikutip Jumat (26/7/2024).

Fitur ini juga membantu trader melakukan pembelian saham saat momentum pasar sedang tepat meskipun dengan modal terbatas. Selain itu, menawarkan periode trading lebih lama sebab saham yang dibeli dengan XTRA Trade Limit dapat di-hold hingga 4 hari atau lebih.

3 Tips Agar Swing Trading dengan XTRA Trade Limit Semakin Profit

1. Analisis Trend

Analisis Trend merupakan hal utama dalam teknikal. Saham dengan major trend bullish memiliki potensi kenaikan yang lebih besar.

“Gunakan indikator Moving Average (MA) 100 untuk melihat trend jangka panjang. Setelah itu, trader dapat memanfaatkan koreksi minor untuk beli di area support menggunakan MA 20 dan MA 5,” ungkap Ratih.

2. Identifikasi Chart Pattern

Swing trader dapat memanfaatkan sinyal akumulasi dalam fase reversal jangka menengah menggunakan pola teknikal, seperti double bottom, inverse head and shoulder, dan rounding bottom. Selain itu, pola candlestick juga dapat digunakan untuk melihat pola reversal yang lebih pendek.

3. Manajemen Risiko

Tentukan batas stop-loss dan take-profit sebelum melakukan trading. Ini membantu memaksimalkan potensi profit yang lebih besar dan memitigasi risiko kerugian. Level support dapat membantu trader menentukan titik stop loss, sedangkan level resistance digunakan untuk merealisasikan profit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*