Kamar Atlet Olimpiade Panas, Tim Indonesia Bawa AC Sendiri

Foto: Ganda putra Fajar/Rian pasang AC portable. (TikTok/timindonesiaofficial)

Sebuah momen menarik terjadi di tengah perhelatan Olimpiade Paris 2024. Baru-baru ini, kamar sejumlah atlet Indonesia di Olympic Village dipasangi Air Conditioner (AC) portable yang mereka bawa sendiri. 

Hal ini diketahui dari unggahan media sosial TikTok Kontingen Indonesia, @timindonesiaofficial. Terlihat ada banyak AC portable yang siap dipasang di kamar-kamar para atlet Indonesia, termasuk ganda putra bulutangkis Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.

Para tim official Indonesia terlihat membawa beberapa unit AC portable yang dibantu beberapa volunteer Olimpiade Paris. Mereka membantu memasang AC tersebut agar Fajar/Rian nyaman beristirahat di kamar.

“Halo kali ini kita lagi di athlete village, mau pasang AC untuk atlet-atlet kita di kamar mereka. AC-nya AC portable dan kita dibantu volunteer. Karena cuaca di Paris lagi musim panas, makannya kita butuh AC,” demikian kata salah seorang tim official dalam video tersebut.

Dalam video tersebut mereka pun terlihat mengubah posisi kasur Fajar/Rian lebih dulu sebelum memasang AC-nya karena ruangannya yang sempit dan terbatas.

Sebagai informasi, pihak panitia Olimpide Paris 2024 memutuskan untuk tidak menggunakan AC di kamar para atlet seluruh negara peserta. 

Keputusan untuk tidak menggunakan AC diambil pihak panitia untuk mengurangi dampak konsumsi energi terhadap iklim. Sebagai gantinya, bangunan yang disebut kampung atlet itu hanya akan didinginkan oleh sistem pipa air yang mengalir di bawah lantai.

“Kampung atlet dirancang untuk menghindari kebutuhan akan pendingin udara, bahkan dalam suhu yang sangat tinggi, agar suhu tetap nyaman,” kata Wali Kota Paris Anne Hidalgo pada Maret lalu.

Sebagai gantinya, bangunan yang disebut kampung atlet itu hanya akan didinginkan oleh sistem pipa air yang mengalir di bawah lantai.

“Kampung atlet dirancang untuk menghindari kebutuhan akan pendingin udara, bahkan dalam suhu yang sangat tinggi, agar suhu tetap nyaman,” kata Wali Kota Paris Anne Hidalgo pada Maret lalu.

Pihak berwenang bermaksud menjaga suhu ruangan tetap terkendali dengan menyediakan kipas angin.

Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya diterima oleh negara peserta Olimpiade Paris 2024. Banyak negara peserta Olimpiade 2024 seperti Indonesia dan Amerika Serikat yang memutuskan untuk membawa AC portable sendiri, agar kondisi atlet tidak terganggu jelang bertanding.

Washington Post melaporkan awal bulan ini bahwa Kanada, Inggris Raya, Italia, Jerman, Yunani, Denmark, dan Australia termasuk negara-negara yang berencana menggunakan AC portabel di kamar atlet mereka.

Pejabat Australia, di sisi lain, menghabiskan lebih dari US$ 100.000 untuk menjaga agar para atlet tetap sejuk.

“Kami menghargai konsep tidak memiliki AC karena jejak karbon. Tetapi ini adalah Olimpiade dengan performa tinggi. Kami bukan mau pergi piknik,” kata Matt Carroll dari Komite Olimpiade Australia kepada wartawan tahun lalu.

Pejabat Jepang juga mengatakan bahwa mereka berencana untuk membayar AC untuk atletnya, dengan alasan keselamatan dan keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*